Senin, 03 Januari 2011

Cara Sederhana Menghidari Keylogger



Sebelumnya saya beritahukan bahwa postingan ini hanya untuk yang belum tahu saja alias tidak diperuntukan bagi para master IT
Tujuan saya posting artikel newbie ini karena masih saja banyak teman-teman dan pelanggan warnet yang mengadu pada saya secara langsung, lewat email, wall facebook, dan SMS bahwa akun zynga poker, facebook, email, dll mereka kena hack dan dijahilin.
Cara kerja keylogger :
Keylogger adalah program yang tidak terlihat dan merekam setiap hentakan keyboard dan menyimpannya dalam database yang suatu saat database terebut diakses oleh si pemasang keylogger. Jadi intinya setiap anda mengetik keyboard pada komputer yang ada keyloggernya, maka ketikan anda dapat dibaca oleh orang lain, termasuk password yang anda ketik. Yang lebih ganasnya, lognya bisa dikirim via email.
Cara menhindari keylogger : 
1. On Screen Keyboard
Sebenernya cara ini sangat gampang dan praktis, anda cukup memakai keyboard virtual saat mengetik. Bagaimana cara menggunakan keyboard virtual ?
Klik Start > All Programs > Accesories > Accessibility > On-Screen Keyboard
Atau dengan jalan pintas yaitu menekan tombol Windows dan R lalu ketik osk
Untuk memakainya, pencet-pencet huruf di virtual keyboard menggunakan mouse. Itu sama saja seperti anda mengetik di keyboard biasa.

2. Ketikan Acak
Cara ini adalah dengan mengacak-acak ketikan. Contoh : masukkan huruf pertama dari password anda di kolom password. Misalnya passwordnya adalah “cinta”, ketikkan “c” pada kolom password
- Buka notepad atau apa saja untuk mengetik. Ketikkan karakter acak secara sembarang di situ, misalnya “lkid2@asldiuna.shf

- Masukkan huruf kedua dari password yaitu “i” di kolom password

- Pindahkan kursor ke notepad kemudian ketikkan karakter acak secara sembarang di notepad (jangan hapus ketikan acak sebelumnya) misalnya “j;;kmqw89d7we

- Masukkan huruf ketiga password yaitu “n”

- Pindah ke notepad kemudian ketikkan karakter acak sembarang misalnya “e78d3e2enh,.asyudas

- Lanjutkan sampai password terisi dengan benar.

Bila komputer terpasang keylogger, setiap ketikan akan direkam termasuk password. Saat mengetikkan password, huruf pertama anda masukkan “c” kemudian karakter acak sembarang maka semua karakter ketikan akan terekam dengan baik oleh keylogger. Si maling akan mendapatkan karakter panjang tak bermakna yang cukup membingungkan untuk menentukan apa password korbannya.
Lihat string yang didapatkan si maling:
clkid2@asldiuna.shfij;;kmqw89d7wene78d3e2enh,.asyudast‘9weuryqwrbs
d8u8′-pejs,cjhs
a

Anda bisa mempraktekkan cara di atas untuk setiap komputer yang dicurigai berkeylogger atau ingin lebih aman mengakses internet di komputer umum. Cara ini bisa dipakai bukan hanya untuk browser tapi juga e-mail client atau aplikasi lainnya. Bisa digabungkan dengan username sehingga mempersulit si maling.




0 komentar:

Posting Komentar